Taman Sari Jogja, Cagar Budaya Warisan Keraton Yogyakarta

0
228
Taman Sari Yogyakarta
Taman Sari Yogyakarta

Taman sari jogja merupakan cagar budaya warisan dari Keraton Yogyakarta yang terkenal dan harus kamu kunjungi ketika sedang berada di Jogja. Taman sari dibangun pada saat pemerintahan Sri Sultan Hamengkubuwono I di Tahun 1758.

Bangunan sudah beberapa kali mengalami renovasi tanpa menghilangkan nilai budaya dan historisnya sehingga terlihat sangat cantik sebagai warisan budaya yang patut kamu kunjungi ketika berada di jogja.

Lokasi ini berada di 300meter sebelah barat dari Keraton Yogyakarta, terdapat Benteng setinggi 6meter yang mengelilingi Taman sari Yogyakarta sehingga membuat pemandangan Taman sari menjadi indah dan cantik.

Dahulu Taman sari Yogyakarta dibangun sebagai pemandian para permaisuri / istri Sri Sultan HB X. Ditempat itu juga terdapat sebuah menara yang digunakan untuk melihat dan memantau istri-istrinya yang sedang Mandi.

Taman Sari Yogyakarta
Taken by : @eviwahyunngsh

Ketika kamu mengunjungi Taman Sari, kamu akan disambut dengan gambar gambar yang menceritakan Taman Sari pada jaman dahulu. Pada salah satu gambar yang ada di sana terdapat gambar berupa Taman buah yang bisa langsung dipetik langsung setiap harinya.

Buah buahan yang terdapat di Taman Sari pada jaman dulu banyak jenisnya seperti Buah Nanas, Mangga, Semangka dan masih banyak jenis lain.

Pada jaman itu juga terlihat Taman Sari Yogyakarta sangatlah asri karena disekitar terdapat banyak pepohonan hijau yang sangat menyejukan.

Sejarah dibangunnya Taman Sari Yogyakarta

Taman sari sekarang berbeda dengan dahulu karena tempat yang digunakan untuk penghijauan sudah digunakan untuk pemukiman warga. Warga setempat yang bermukim disekitar Taman Sari merupakan kerabat dari abdi dalem Keraton yang sudah Turun temurun.

Dibangunnya Taman Sari Yogyakarta oleh Sultan merupakan Perjanjian Giyanti pada Tahun 1755 yang dikarenakan perpecahan diantara keluarga Keraton Jogja yang menjadikan Kerajaan Mataram terbagi menjadi 2 bagian Kasultanan Yogyakarta dan Kasultanan Surakarta.

Maka dari itu dibangunnya Taman Sari Jogja berfungsi untuk menentramkan hati, beristirahat dan berekreasi Keluarga Sultan. Selain itu fungsi Benteng setinggi 6 meter yang mengelilingi Taman Sari merupakan sebagai Pertahanan saat menghadapi Musuh Kerajaan jaman dulu.

Arsitek yang dipekerjakan untuk membuat Taman Sari merupakan orang Portugis, Sehingga gaya eropa yang ada di Taman Sari merupakan olahan dari arsitek tersebut. akan tetapi simbol Jawa tetap lebih dominan dan di tonjolkan disini.

Hal Menarik yang ada di Taman Sari Jogja

Kompleks pada Taman Sari Yogyakarta sebagai bagian dari taman Kerajaan terdiri dari : Kolam untuk pemandian, Kanal air, sebuah Kolam Besar dan Ruangan Ruangan. Bangunan yang ada pada Taman Sari yaitu :

  • Bangunan sakral yang menyendiri yang dulunya digunakan sebagai tempat semedhi dan pertapaan oleh keluarga Sultan.
  • Kolam Pemandian yang digunakan sebagai tempat pemandian Istri Sultan dan Keluarganya untuk membersihkan diri.
  • Bagian Pulau Kenanga merupakan bagian yang memiliki bangunan yaitu Pulau Cemeti, Lorong lorong yang terletak dibawah Tanah dan Sumur Gumulih.

Pada Taman sari Pulau Cemeti dan Pulau Kenangan merupakan bangunan tinggi yang digunakan untuk pengintaian, Jika dilihat dari atas maka bangunan ini akan menyerupai Bunga Teratai yang berada di Kolam yang Besar.

Wisatawan bisa menaiki menara yang berada di Taman Sari untuk melihat Pemandangan sekitar Jogja yang dulunya merupakan kebun buah dan pepohonan yang sangat asri dan menyejukan. Sekarang digunakan sebagai pemukiman para kerabat abdi dalem keraton jogja.

Taman Sari Yogyakarta
Taken by : @gunasatwam

Bangunan lain di sekitar Taman Sari yaitu dapur yang bergayakan corak kuno dan Masjid dengan corak kuno yang unik.

Keindahan seni yang sangat tinggi juga bisa anda lihat ditengah masjid terdapat kolam kecil yang ditengahnya terdapat tangga yang melintang.

Pada Terowongan yang terdapat di Taman Sari dipercaya sebagai tempat jalan pintas menuju Laut Selatan. Wisatawan akan merasakan bagaimana menjadi Sultan ketika mengunjungi Taman Sari Yogykarta.

Lokasi dan Petunjuk arah ke Taman Sari Jogjakarta

Lokasi : Sekitar Keraton Yogyakarta yang letaknya di sebalah barat atau selatan Keraton atau Sebelah Selatan Pasar Ngasem. Terletak di Kampung Taman, Kecamatan Keraton, Kota Yogyakarta.

Harga Tiket : Harga untuk menikmati bagaimana menjadi Sultan dan Keluarga Keraton ketika mengunjungi Taman Sari Yogyakarta sangatlah terjangkau. Harganya antara Rp.3000,- dan tambahan Rp.1000,- ketika kamu membawa Kamera seperti DSLR.

Fasilitas Guide Tour juga ada harga untuk jasa tersebut sekitar Rp.25.000,- – Rp.50.000,-

Siapkan waktumu untuk mengunjungi Taman Sari Yogyakarta sebagai destinasi wisata ketika kamu berkunjung di Yogyakarta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here