Senangnya mengunjungi Istana Raja Keraton Jogja

0
72
Keraton Yogyakarta
Keraton Yogyakarta

Mengunjungi Yogyakarta terasa kurang jika belum mampir ke Istana Raja yaitu Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat atau biasa dikenal dengan nama Keraton Jogja. Hingga saat ini keraton Yogyakarta masih digunakan sebagai tempat tinggal keluarga raja, DI Yogyakarta sendiri dipimpin oleh Raja Sri Sultan Hamengkubuwana X sebagai raja dalam adat dan Gubernur dalam pemerintahan.

Keraton Jogja berlokasi di selatan 0 Kilometer dan untuk menujunya kurang dari 1Km untuk sampai ke lokasi Keraton Yogyakarta.

Ketika kita sampai di keraton, kamu akan melihat banyak abdi dalem yang berada disekitar keraton. Abdi dalem merupakan pribadi yang siap mengabdi kepada raja dan menjadi bagian dalam keraton.

Keraton Yogyakarta
Taken by : @trianiashari

Untuk bisa masuk ke dalam wisata keraton yogyakarta ada 2 jalur masuk yang bisa kita pilih yaitu jalur tepas keprajuritan dan tepas pariwisata.

Jalur Tepas Keprajuritan dan Peninggalan Kulturual

Untuk masuk melalui jalur Tepas Keprajuritan biaya masuknya hanya Rp.3000,- untuk dapat melihat bangsal dan siti hinggil.

Bukan itu saja kita juga bisa melihat berbagai macam peninggalan peninggalan kuno seperti Gamelan, Kereta Keraton, serta dokumentasi perjalanan keraton dari waktu ke waktu.

Kita juga bisa melihat langsung busana busana yang dipakai oleh abdi dalem dan perangkat kerajaan.

Jalur Tepas Pariwisata dan Indahnya Warisan Budaya

Jika kamu ingin masuk melalui Jalur Tepas Pariwisata dapat kamu tempuh melalui Jl. Rotowijayan yang lumayan dekat jika ditempuh dengan berjalan kaki.

Ketika kamu masuk melalui Tepas Pariwisata ( Regol Keben ) kamu akan dikenakan biaya sebesar kurang lebihnya Rp.5000,-

Masuk melalui Jalur ini kita akan langsung melihat Kompleks Sri Menganti dan Kedathon. Keduanya Terletak di Bangsal Kenchono, Balairung Utama di Kerajaan.

Kelebihan masuk di jalur Tepas Pariwisata kita akan dihibur oleh pertunjukan seni budaya setiap harinya pada pukul 09:00 WIB dan Gratis tanpa bayar lagi.

Tips ketika Berkunjung ke Keraton Yogyakarta

Jangan berkunjung terlalu sore karena jam kunjungan keraton Jogja hanya berkisar antara pukul 09:00 s/d 14:00 WIB saja.

Sebuah kehormatan jika kita dijamu dengan kesenian budaya untuk itu abadikan momen itu dengan tidak melupakan perlengkapan kamera kamu ya. Jika kamera yang dibawa adalah DSLR atau kamera selain dari handphone akan dikenakan biaya sangat murah hanya Rp.1000,- saja.

Berkunjung ke istana Keraton Yogyakarta merupakan pengalaman yang tidak akan bisa dilupakan begitu saja.

Karena edukasi dan pelajaran berharga dari budaya jawa dan seni yang akan kita dapat ketika kita berwisata di keraton jogja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here