Liburan ke museum Benteng Vredeburg di Yogyakarta

0
165

Sebagai kota yang kaya akan pariwisata dan budayanya membuat jogja menjadi pusat destinasi wisata terpopuler di Indonesia. Wisata alam , budaya, kuliner dan Edukasi pun lengkap ada di Jogja.

Wisata edukasi sejarah di jogja seperti museum pun banyak dijumpai di sekitar jogja seperti musem benteng vredeburg. Beralamatkan di Jl. Margo Mulyo No. 6, Ngupasan, Yogyakarta.

Museum yang berada di 0 Kilometer jogja ini menjadikan destinasi objek wisata untuk edukasi dan berfoto oleh para wisatawan. Masuk ke museum ini pengunjung akan disuguhkan tentang perjalanan sejarah indonesia dari masa penjajahan hingga kemerdekaan.

Selain itu untuk kamu yang menyukai foto disana ada replika meriam dan beberapa patung serta replika tugu yang sangat bagus untuk spot foto.

Sejarah dibangunnya Benteng Vredeburg

Museum ini pertama kali dibangun atas perintah Sri Sultan Hameng Kubuwono I atas perintah pihak pemerintahan Belanda saat berada di Jogja. Di awal pembangunan dulu benteng vredeburg hanya berupa tembok tanah yang ditunjang tiang kayu pohon kelapa dan beratapkan ilalang.

Dan pada saat tahun 1767-1867 pihak belanda usul agar bangunan benteng tersebut dibuat Permanen. Karena itulah benteng tersebut beranma Rustenberg artinya peristirahatan.

Benteng Vredeburg
Taken by rinssidea

Asal mula nama Benteng Vredeburg

Saat gempa ditahun 1867 yang meruntuhkan Rustenberg maka setelah direnovasi bangunan tersebut diganti menjadi Vredeburg ( Perdamaian )

Sepanjang dibangunnya benteng tersebut digunakan sebagai gudang senjata dan sebagai markas komando. Benteng vredeburg digunakan juga sebagai penjara orang Belanda, Indo-Belanda dan Politisi RI saat masa pendudukan jepang.

Setelah merdeka benteng vredeburg sempat kembali ditangan belanda lalu direbut oleh Angkatan Perang Republik Indonesia ( APRI ).

Barulah ketika pada tahun 1987 Benteng Vredeburg dibuka untuk umum dan sementara status tanahnya milik kraton Jogja. Pada tahun 1992 Mendikbud RI akhirnya mengesahkan bentang vredeburg menjadi Museum Khusus Perjuangan Nasional hingga saat ini.

Museum Benteng Vredeburg dibuka untuk umum Selasa-Minggu pukul 07:30 – 16:00 WIB hanya pada hari Senin museum ini tutup. Tiket masuk benteng Vredeburg terbilang sangat terjangkau berkisar antara Rp.1000 – Rp.10.000 saja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here