Bangunan Klasik di Desa Wisata Kotagede Yogyakarta

0
35
Sekar Kedathon Jogja
Sekar Kedathon Jogja

Daerah Istimewa Yogyakarta banyak sekali menyimpan lokasi lokasi wisata yang keren dan menarik untuk kamu kunjungi. Salah satu tempat wisata yang memiliki pemandangan klasik tempo dulu ada di desa wisata Kotagede Jogja.

Jika kamu menyukai latar belakang untuk berfoto dengan gaya klasik, kamu sudah tepat jika berkunjung ke Desa Wisata Kotagede. Disana akan banyak ditemukan Bangunan bangunan klasik kuno khas Kota Tua yang memiliki Sejarah Tersendiri.

Sejarah Desa Wisata Kotagede

Ketika kamu menginjakan kaki di desa ini, kesan pertama yang akan kamu rasakan adalah nuansa klasik yang sangat asri. Begitu banyaknya Bangunan tua yang bisa kamu temukan sebagai spot foto di Desa Wisata Kotagede.

Seakan kamu dibawa lorong waktu ditahun 1700an karena pemandangan Bangunan tua yang memang banyak ditemukan di Kota Tua ini. Dahulu kala Kotagede merupakan sebuah Kerajaan loh! Sebuah Ibukota Kerajaan Mataram Islam yang dikenal berkuasa di hampir seluruh Jawa.

Pada saat Pemerintahan Sultan Agung Hanyokrokusumo, dulu Kerajaan Mataram sangat cepat dalam Berkembang di Tanah Jawa. Sayang! karena adanya konflik membuat Kerajaan ini terpecah menjadi dua dan muncul Kesunanan Surakarta dan Kesultanan Yogyakarta.

Lokasi Foto Paling Hits di Desa Wisata Kotagede Jogja

Desa Wisata Kotagede Yogyakarta
Photo by irfankhaa

Pada lokasi tempat wisata ini ada beberapa tempat yang sangat menarik seperti Reruntuhan Tembok Benteng, Pasar Gede atau biasa warga sekitar menyebut Sargede.

Kemudian ada lokasi seperti Makam para pendiri Kerajaan Mataram Islam, Sendang Saliran, dan ada Masjid Agung Kotagede.

Sendang Saliran adalah salah satu tempat yang wajib kamu kunjungi ketika berada di lokasi wisata Kotagede. Konon dulu sendang ini dibangun oleh Panembahan Senopati dan Ki Ageng Mataram loh.

Sendang Saliran pun terbagi menjadi dua, Satu tempat digunakan untuk para pengunjung laki laki dan satunya lagi untuk pengunjung perempuan. Sendang itu dulunya digunakan untuk memelihara Ikan lele dan ada juga Kura kura.

Kemudian ada Masjid Agung Mataram Kotagede yang memiliki Arsitektur sangat menarik dengan menggabungkan seni Budha dan Hindu. Kotagede dikenal juga dengan sentra Kerajinan Perak, jadi disana kami bisa berburu oleh oleh kerajinan perak dengan harga terjangkau.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here